-->

Persiapan Jelang Ramadhan 1441 H

advertise here
Ramadhan sudah di depan mata.. Namun sepertinya Ramadhan tahun ini berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Ramadhan tahun 1441 H atau 2020 Masehi ini dibayang bayangi oleh pandemi virus Covid - 19 atau virus corona yang merebak di seluruh dunia. Membuat pemerintah Indonesia memerintahkan untuk mengurangi bahkan meniadakan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang demi memutuskan mata rantai virus Corona. Akibatnya sholat wajib dan sholat jum'at yang biasa diakan di masjid/ musholla sekarang ditiadakan sementara.


Ssemoga wabah virus Corona ini segera mereda hilang dan berganti dengan keberkahan Ramadhan lalu suka cita lebaran. Aamiin allahumma aamiin. Nggak terbayang kan Ramadhan tanpa tarawih di masjid, tadarus Qur'an, ifthor jama'i dan i'tikaf di masjid. Masjid sepi... gak ada suara imam tarawih yang bersahutan dari satu masjid dengan masjid/musholla lainnya... Kita juga tidak bisa mengadakan ifthor jama'i atau buka puasa bersama dengan teman kantor, teman sekolah kuliah atau keluarga. Tanpa keseruan dan kebersamaan itu semua rasanya Ramadhan kurang afdhol ya..

Dilanjutkan dengan Lebaran yang tanpa sholat Idhul Fitri tanpa bersalam salaman tanpa sungkeman tanpa bagi bagi angpau... Bagi angpau nya di transfer atau nggak dikirim berupa pulsa hahahaa.. Yaa Allah angkatlah penyakit ini dari bumi Mu... izinkan kami menikmati Ramadhan dengan ibadah bersama muslim/ah lainnya dengan aman dan nyaman.. Aamiin allahumma aamiin.


Oke namun begitu tetap kita harus membuat persiapan jelang Ramadhan 1441 H ini ya, jangan lalai dengan riuh nya berita di media tentang virus Corona ini dan membuat kita lalai dengan persiapan ibadah optimal di bulan Ramadhan. Jangan pula kalah dengan para pengusaha yang 3 bulan jelang Ramadhan sudah siap dengan strategi marketingnya, stok barangnya, dll. Berikut adalah hal yang perlu kita siapkan :

Persiapan ruh puasa. 

Harusnya ini sudah kita siapkan 3 bulan jelang Ramadhan ya bukan sudah mepet begini. Tapi juga pun gak ada salahnya bagi yang ingin memulai, gak perlu mencari alasan untuk berbuat baik selagi masih ada waktunya di awal Sya'ban ini. Membiasakan diri berpuasa di luar Ramadhan agar tubuh kita terbiasa menahan lapar, haus dan nafsu. Jadi tubuh kita nggak kaget lagi. Bagi yang belum terbiasa 1-3 hari pertama puasa pasti terasa berat. Tapi bagi yang sudah terbiasa insya Allah lebih kuat. Dan lebih bisa menahan nafsu saat berbuka, jangan segalanya ingin dimakan, ini malah membuat kita jadi kehilangan makna puasa itu sendiri. Ingat lho...banyak makan, terlalu sering kekenyangan bisa mematikan hati.. Berpuasa di luar Ramadhan juga punya kenikmatan yang luar biasa, sebab lingkungan kita pada umumnya tidak puasa. Coba deh nikmati sensasinya....aaaihhh sedaaapp... ^ ^

Lanjut besok lagi yaaaa....


Post a Comment
Click to comment