-->

Email Kritik Saran MMBC

advertise here
Berikut adalah email kritik dan saran dari Milis internal MMBC yang sudah 3 tahun saya ikuti, apapun tanggapannya mereka, saya hanya copas untuk kita semua belajar dewasa dalam berbisnis:


From:

To:
Travel_System_online@yahoogroups.com
Ya.. benar sekali Nuriana Pramitasari. ..
Terimakasih atas masukkannya kepada kami para calon agen.
Sebelumnya saya baca iklan MMBC di salah satu koran nasional.
Kemudian saya buka websitenya dan saya coba ikuti milisnya supaya sebelum saya menajdi Agen di Pekanbaru - Riau dimana tingkat penjulan tiket di sini sangat tinggi sekali, saya mencoba mempelajari dan mendengar pendapat dari para agen.

Untuk buat tim atau management MMBC apakah memang benar adanya seperti yang dijelaskan Nuriana Pramitasari?

Demikian, atas perhatiannya diucapkan terimakasih.

salam
Eric


From:

To:
Travel_System_online@yahoogroups.com
Dear All,

Salut dg Pak Alfa yang bisa memberikan alternatif solusi untuk peningkatan kinerja MMBC, mohon kiranya Pka Zul bisa mempertimbangankan usulan beliau. Saya sendiri adalah agen yang baru aktif 2 pelan lalu, sejauh ini tidak ada masalah dg masalah booking maupun issued tiket, bahkan untuk refund tiket. Untuk ukuran dua pekan aktif saya rasa penjualan saya lumayan.

Hanya memang yang mengganjal adalah masalah fasilitas untuk agen yang sering ditanyakan oleh agen (spanduk, stiker dll). Dan lambannya kinerja customer service via YM.
Mudah2an ke depannya MMBC bisa lebih meningkatkan pelayanannya, karena kami ini agen yang juga mestinya dianggap sebagai stake holder dari MMBC.

Satu lagi yang saya tanyakan, Ada tidak database rekap penjualan kita masing2 agen?.. adakah reward dari MMBC apabila penjualannya mencapai nilai tertentu dalam satu bulan?

Sukses

henny marlina


From:

To:
Travel_System_online@yahoogroups.com
Salam

Sebelumnya mohon maaf.
Saya baru subscribe di milist ini selama sebulan terakhir.
Saya tertarik untuk menjadi agen
Tetapi sebelumnya saya ingin mengetahui teknis dan permasalahan yang
mungkin terjadi,
sehingga nanti bila akan memulai menjadi agen setelah lebaran nanti
semua dapat berjalan lancar

sekali lagi no offence,
sekedar masukan bagi MMBC untuk kelancaran bisnis ke depannya

1. Masalah software.
Link yang anda berikan tidak dapat diakses.
Untuk sebuah bisnis dengan platform online, software adalah nyawa
Meskipun CD sudah dikirim dan sudah diinstall, bisa terjadi resiko
komputer hang,
kena virus, dan ketika menginstall CD hilang, rusak, tergores.
maka satu-satunya pilihan adalah mendownload langsung di website MMBC
(atau kalau dekat copy pakai flashdisk.Tapi kalau lokasinya jauh luar kota? )
Link di Ziddu hanya berupa txt untuk prosedur penginstalan.

2. Masalah Layanan Konsumen/Agen (Customer Service)
Dari yang saya baca, memang seperti ada kebuntuan di masalah pelayanan.
dimana CS belum bisa mengimbangi bisnis online yang "seharusnya" 24 jam.
Saya sangat angkat topi ketika seorang direksi (maaf kalau salah),pak Zul
yang langsung mencantumkan no HP pribadi untuk sarana hotline ketika
terjadi masalah.
tapi ini akan menjadikan masalah di kemudian hari, ketika frekwensi
hal yang ditanyakan
semakin tinggi, maka seorang Pak Zul pasti akan kewalahan karena sebagai seorang
pribadi akan membutuhkan waktu tidak hanya untuk MMBC.
Saran saya lebih baik membuat semacam tim khusus untuk menangani masalah ini.
Tim ini adalah satu level di atas CS. apabila CS tidak bisa menangani
maka masalah
diberikan ke tim.
Atau betul-betul menciptakan sistem CS yang sangat handal.
Sehingga tidak terjadi keterlambatan dalam merespon agen

Hal lain,kebingungan pasti akan banyak terjadi, karena "maaf"
kebanyakan agen bukan
orang yang terbiasa dengan bisnis online ataupun atau komputer yang menjadi
inti dari bisnis MMBC

3. Tentang masalah ticketing sendiri.saya pikir tidak ada masalah.
Agen harus benar-benar menguasai prosedur, system dan cara pengoperasi
dengan benar
dan ini adalah syarat mutlak

Sekali lagi,no offence
Saran saya juga tidak mesti benar

Terima kasih
Salam

Alfa Wijayanto
Purwokerto-jateng



From:

To:
Travel_System_online@yahoogroups.com
All hamdulilaah. ...
Terima kasih atas informasinya atas kekecewaan yang sudah ibu sampaikan kepada pihak MMBC.... Mudah-mudahan ini menjadi kewaspadaan atas segala iming-iming peluang bisnis... Uang 1.500.000 mungkin akan sangat berarti bila dijadikan modal berdagang makanan keci-kecilan. . Oleh karena itu bagi pihak MMBC agar keluhan ini ditanggapi dan lakukan perbaikan... .agar mereka yang berharap menjadi wirausaha agen dapat berhasil.
terima kasih

[Travel_System_online] SUARA PEMBACA

Thursday, August 13, 2009 11:35 PM
From:

To:
Travel_System_online@yahoogroups.com
Berikut kami kirimkan Suara Pembaca yang ada didetikcom,yang diinfokan oleh oleh Mbak Nuriana.
kepada menegement mmbc sudilah kiranya untuk segera mengklarifikasi masalah ini agar masalah ini dapat segera tuntas. untuk segenap CS mmbc_online dengan sorotan sorotan ini sudah selayaknya anda berbenah, melakukan perbaikan dan mengupgrade kwalitas diri anda tentang AKS yaitu Attitude/sikap, Knowledge/pengetahu an, Skill/keahlian.

terima kasih,

best regard

Priananda

Suara Pembaca
Jumat, 31/07/2009 14:05 WIB
Bersyukur Deposit di MMBC Travel Hanya Senilai Rp 1,500,000
Rudi - suaraPembaca

/klikmbc.co. id
Jakarta - Saya kecewa dengan pihak PT Medusa Multi Business Centre (MMBC) selaku franchise usaha travel yang berlokasi persis di belakang Gedung Jamsostek. Berawal dari beberapa bulan lalu saya tertarik untuk membuka usaha travel dengan modal minim.

Melalui MMBC hanya dengan deposit senilai Rp 1,500,000 maka saya dapat membuka usaha travel penjualan tiket pesawat Domestik dan Internasional, umrah, tour, dan rental mobil. Namun, pada prosesnya, ketika ada request baik tiket domestik atau internasional sangat berbelit-belit sekali.

Ketika saya request melalui Yahoo Messenger (YM) ke pihak MMBC lengkap dengan data penumpang, namun lama sekali respon dari pihak MMBC sehingga seringkali client saya merasa kecewa dan menuduh saya yang bersikap lambat dan tidak profesional. Padahal yang membuat lambat adalah dari pihak MMBC yang bertele-tele.

Lain kasus. Ada request maskapai Merpati. Ketika saya sudah request melalui YM dan memberikan data client saya yang lengkap lagi-lagi pihak MMBC seakan cuek begitu saja hingga available class maskapai tersebut berubah. Secara otomatis client saya merasa kecewa karena dengan perubahan class maka otomatis perubahan harga yang lebih mahal.

Pernah suatu ketika kantor saya kedapatan client warga Australia request tiket internasional pada jam 20:00. Seketika itu saya request ke pihak MMBC. Namun, dengan entengnya pihak MMBC menjawab bahwa ticketing international- nya sudah pulang. Dan, bisa diinfokan keesokan harinya.

Lagi-lagi saya kehilangan kepercayaan dan tentunya saya merugi. Padahal di web-nya tertera bahwa MMBC memberikan layanan online 24 jam. Sangat-sangat membohongi publik. Bisa dilihat di http://www.klikmbc. co.id/index. html.

Saya bersyukur bahwa hanya senilai Rp 1,500,000. Mudah-mudahan bagi pembaca lainnya agar lebih hati-hati terhadap penipuan investasi usaha seperti MMBC. Sebelum berinvestasi baiknya ditelusuri secara mendalam jati diri perusahaan tersebut.

Semoga pihak aparat terkait baik dari ASITA, IATA, atau Depbudpar bisa membersihkan perusahaan-perusaha an yang memberikan citra buruk di dunia Pariwisata Indonesia.

Rudi
Jl Margonda Raya Depok
murdock@yahoo. com


Dari: Nuriana Pramitasari
Kepada: Travel_System_ online@yahoogrou ps.com
Terkirim: Kamis, 13 Agustus, 2009 20:58:52
Judul: [Travel_System_ online] HATI-HATI PENIPUAN MMBC

Yth, Bp Zulkarnain

Mohon penjelesan dari Bapak mengenai hal-hal yang saya sampaikan berikut ini,
Saya sudah mendaftar menjadi agen (Nomor Agen : MMBC1080.809. 00452), namun beberapa kali saya dikecewakan spt berikut ini :
1. di website disebutkan agen akan mendapatkan cd software namun stlh tanya di YM ktnya cd tdk ada dan harus ambil filenya dgn flash disk ke kantor mmbc
2. disebutkan training bagi agen senin-jumat jam 16.00-18.00 namun kenyataannya sy dtg hari selasa tiba2 training dibatalkan, dijanjikan hari kamis namun batal juga...
3. saya coba berhubungan dgn call center di YM tapi responnya sangat lama
4. saya pernah pesan tiket buku utk org yg dimedan namun krn PTA dan waktu itu sudah mlm ktnya tdk dpt dilayani sdgkan timelimit mlm itu juga. tentunya klien saya menjadi sangat kecewa. kebetulan booking lion dmn kalau e-tiket tidak mendapat komisi.
5. sehingga sampai saat ini saya msh belum dpt menjual tiket dikarenakan pelayanan yg lambat di YM, proses yg berbelit-belit serta training yg dijanjikan tidak ada.

karena merasa kecewa saya coba search di Google dan ternyata saya temukan link dibawah ini :
http://suarapembaca .detik.com/ read/2009/ 07/31/140503/ 1175109/283/ bersyukur- deposit-di- mmbc-travel- hanya-senilai- rp-1500000

Anjuran saya bagi para calon agen agar pikir2 lagi apabila mau jadi agen...saya sendiri sbg agen baru sudah merasa kecewa...

Salam,
Nuri



[Travel_System_online] Re: TO: IBU Nuriana Pramitasari

Friday, August 14, 2009 11:56 AM
From:
To:
Travel_System_online@yahoogroups.com

Saya kemarin sempat baca di Suara Pembaca detik.com tentang MMBC......
Saya jadi berhati-hati dalam memilih bisnis travel...
Sekedar share, saat ini saya menjadi agen MMBC utk pulsa elektrik. Berawal karena tertarik dengan harga dasar pulsa yang bersaing (ada di web MMBC. Namun pada kenyataannya saya banyak dikecewakan oleh pelayanan MMBC dan merasa tertipu... contoh : untuk mentari 25rb di daftar harga di web MMBC tertera harga dasar 24.200 , tapi saat saya transaksi harga modalnya 25.000 dan ada pengurangan 50rupiah tiap transaksi yang tentunya akan merugikan saya.
Kalau dibilang menjadi agen harus membaca prosedurnya terlebih dahulu, saya sendiri sudah membacanya dengan teliti dan tidak menemukan klausula mengenai pengurangan 50rupiah tersebut.
Hal ini sudah berulangkali saya tanyakan ke ym centre, tapi saya malah di pingpong oleh operator dan tidak mendapatkan penjelasan yang memuaskan sampai saat ini. Sehingga saya berniat utk tidak meneruskan menjadi agen pulsa di MMBC.
Pesan saya bagi yang tertarik menjadi agen pulsa elektrik di MMBC agar berhati-hati.

PESAN BG MODERATOR MILIS : TOLONG MASUKAN/KOMPLAIN DARI AGEN JGN LANGSUNG DIHAPUS/DIBANNED KARENA INI SEMUA UTK PERBAIKAN MMBC,,,KALAU MEMANG MEMILIKI NIAT BAIK DLM BERBISNIS TENTUNYA HARUS TERBUKA TERHADAP SEMUA MASUKAN.

11 komentar

avatar

DENGARKAN SARAN SAYA!! HATI-HATI
Hai para Agent MMBC dan calon yang ingin mendaftarkan diri sebagai Agent MMBC.
Saya buka rahasia, bos/owner utama MMBC sendiri di suatu meeting pernah mengatakan/curhat,apa yang membuatnya bahagia dengan bisnis yang dikembangkannya ini (MMBC)??
Yaitu, banyak sekali agent MMBC yang sudah mengundurkan diri dan tidak komplain! tidak komplain, saudara-saudara..
Mengapa? Jawabannya adalah karena, secara hukum bisnis MMBC benar, tidak menipu secara terang-terangan.
Namun semua anggota MMBC juga tahu,
mereka bisa booking, refund dll..
TAPI.........ada tapinya Nih!!
Kesalahan Cukup fatal bisnis MMBC adalah, para agent tidak bisa issued tiket, semua cuma bisa booking. Untuk issued, semua harus via chatting/ym dan lain-lain. SO??
Apa mau tamu disuruh tunggu-tunggu, setiap ada orang mau beli tiket, tunggu dulu, selalu begitu.
Kalo belum diissued pusat MMBC, ya belum dapet tiketnya!! Mana ada hari gini agent / travel koq ga bisa issued tiket sendiri. SEkian banyak anggota MMBC, gimana ga banyak yg tidak terlayani, jadi error sendiri! Cam kan ini, cek sana-sini, dan pelajari kesalahan fatal ini..SEBELUM ANDA BERGABUNG. Bos besar MMBC saja bahagia koq, banyak anggota MMBC (silakan cek) yg sudah tidak aktif lagi karena kesulitan ini, DAN.....bos besar MMBC happy, karena semua mengundurkan diri tanpa komplain, alias capek sendiri!! Gimana ga bahagia, uang pendaftaran sudah diterima, kemudian mengundurkan diri tanpa ada komplain...
YG KEDUA...CAMKAN INI BAIK-BAIK!!
LAYAKNYA TRAVEL AGENT RESMI, SEMUA ITU ADA PROSEDURNYA...BIKIN IJIN USAHA (MINIMAL CV), DAFTAR PARIWISATA DAN DAFTAR KE AIRLINES YG ADA..ITU ADALAH STANDARD SUPAYA BISNIS ANDA DIAKUI SEMUA PIHAK, DAN.....DENGAN DEMIKIAN ANDA BISA PASANG PAPAN NAMA TRAVEL AGENT DENGAN TENANG UTK BERBISNIS. SETIAP TAMU TAHU ANDA RESMI TERDAFTAR. TAPI KALO ANDA MAU BERGABUNG DENGAN MMBC, ANDA DIJANJIKAN TIDAK PERLU SEMUA URUSAN PENDAFTARAN TSB, ANDA BISA MULAI BISNIS DENGAN USAHA DI RUMAH..TANPA HARUS CAPEK DAFTAR SINI, URUS IJIN DLL..ANDA BISA LANGSUNG MULAI BISNIS DARI RUMAH SAAT MENDAFTAR...
TAPI APA YG TERJADI SAUDARA?? KALO ANDA MULAI DGN MMBC, ANDA SELAMANYA AKAN TERGANTUNG OLEH MMBC, ANDA TIDAK BISA MANDIRI, ANDA HANYA BISA BOOKING TIKET, TAPI TIDAK BISA ISSUED TIKET, MAKANYA OLEH MMBC DISEDIAKAN FASILITAS YM (YAHOO MESSENGER) UTK ISSUED TIKET, ANDA HARUS TUNGGU DULU, KEMUDIAN AKIBATNYA TAMU ANDA TIDAK BISA CEPAT MENDAPATKAN TIKETNYA...
PIKIRKAN, KALO ANDA ANGGOTA MMBC, ANDA TERGANTUNG DGN MMBC, TAPI ANDA HARUS TUNGGU UTK ISSUED TIKET, DAN KALO MAU PASANG PAPAN MEREK TRAVEL ANDA, PUN ANDA HARUS PIKIR-PIKIR ULANG, KRN PASTI ANDA TERPIKIR, USAHA SAYA DGN MMBC BELUM TERDAFTAR RESMI DI ASITA, DI DINAS PARIWISATA, IJIN USAHA LENGKAP, TERDAFTAR DI AIRLINES? ANDA BISA URUS ITU DAN BERGABUNG DI MMBC, TAPI SARAN SAYA...
KALO ANDA BISA URUS SEMUA ITU, ANDA BISA PASANG PAPAN MEREK DGN TENANG & BERBISNIS, SO...ANDA BISA KELUARKAN/ISSUED TIKET SENDIRI..MENGAPA? KARAENA ANDA SUDAH TERDAFTAR RESMI DI AIRLINES, BUAT APA TUNGGU WAKTU UNTUK ISSUED TIKET DARI MMBC ? INI SEMUA JAMAN ONLINE, HARUS CEPAT, TIDAK BISA TUNGGU-TUNGGU TERUS!! TERIMA KASIH

avatar

saya adalah seorang agen MMBC... saya juga mengalami hal yang sama...
say sudah issud tiket..pembeli sudah ke bandara...dan..jeeng jeng... TIKET TIDAK BERLAKU
BAYANGKAN BETAPA MALUNYA SAYA.....

begitu saya komplain..ya TETTEP saya juga yang salah...
alasannya saya ga isi form untuk issudlah, inilah, itulah..dan untuk catatan entah sudah berapa kali saya kehilangan penumpang karena kehabisan time limit karena lambatnya mmbc melayani...
DAN YANG PALING BIKIN KESEL HATI!! SETIAP KITA KOMPLAIN KE AGEN KITA SELALU DILAYANI DENGAN NADA TINGGI DARI PARA AGEN "Wong kita yang mau komplain kok mereka yang marah2 ke kita yak""... aduh aduh (SUNGGUH, MANIS DIBIBIR LAIN DI KENYATAANNYA YA PAK ZULKARNAINI!!)
"uang bukan kerugian utama..tapi rasa malu dan kepercayaan dan kekecewaan orang yang mau membeli tiket yang merupakan kerugian terbesar""

tp ingatlah wahai manusia" sepandi pandai tupai melompat akhirnya jatuh juga! kita tunggu aja kapan tupaii itu jatuh" 'dan semoga Allah SWT mengembalikan mereka yang tukang bohong dan tukang tipuu kejalan yang baik dan benar, amien'

avatar

@atas: kalo mau gitu mah sama aja situ mesti taro deposit di setiap maskapai. ga kuat duitnya, bos! dimana2 ga peduli PT mana kalo travel ya pasti harus hubungan sama pusat, tapi kan bisa disiasati itu hehehe.

eniwei, gw jadi inget pas pertama kali protes soal respon yg lelet. jawaban mereka singat, padat, dan bodoh: "EMANG KITA CUMA NGELAYANIN ANDA AJA? KITA NGELAYANIN SATU INDONESIA TAU!?" benar2 jawaban yg sangat tidak profesional! kalo uda tau kurang orang, kenapa ga ditambah??? duit udah banyak sering ngiklan di radio tapi ga mau nambaha orang tiketing, makan jamban lah pusat.

avatar

betul bang....

saya juga mau cerita pengalaman pahit saya... kita yang face to face dengan customer. kita yang dimaki2 ama customer. kalau mereka di YM si cuek2 aje, kerja sambil ngupil, baca koran, dan bercanda kita juga gak tau. saya sampe bosen dimarahin dan malu ama customer gara2 mmbc.

saya YM, gak di sahutin, gak lama kemudian logoff (kurang ajar engak?) kita telp, gak di angkat. saya pernah telpon ke zulkanaini, tapi dia malah belain anak buahnya. gila lah. bagaimana dia bisa maju kalau begini? kalau kurang orang ya di tambah orang lah. iklan gede2an tapi yang handle 1 airline gak dateng, seharian langsung lumpuh di bookingan airline itu. seperti katanya, MEREKA LAYANI SEINDONESIA. tapi SERVISNYA KOK BEGITU? tanpa kita agent2, mereka mana bisa gajian? saya udah engak tahan lagi begini terus. bisa bangkrut ane kalau nge sub ama mmbc terus. ada yg punya ide?

avatar

sekarang gue uda pake sistem yg bisa issue sendiri, bukannya mo promosi nih, tapi ini emang enak. namanya VOC. tadi gw issue batavia, karena gw rasa terlalu cepat, gw coba cek langsung ke cc batavianya. ternyata emang ada tu bookingan dan emang uda diissue. langsung lega gw. nih coba aja telp 021-53660181. asli gw puas sama voc ini.

avatar

gara-gara saya suka komplain atas leletnya MMBC, pertemanan di facebook akun saya diblock. Kayaknya MMBC memang takut kritik

avatar

Saya Helen, agent MMBC sudah hampir 1 tahun. memang waktu 1 x joint dengan TDW karena rumah saya gak jauh dari TDW dan waktu kejadiannya saya udah joint tapi tidak dikasih apa" oleh TDW Sunter. Setelah saya urus ke MMBC Gatot subroto langsung ditangani dengan baik dan tanpa mengeluarkan uang lagi bahkan semua perlengkapanpun diberikan kecuali spanduk yang masih kurang tapi buat saya sejauh ini MMBC cukup bagus untuk booking dan issued ticket bahkan hampir tidak ada masalah di semua maskapai. karena informasi yang mereka berikan cukup jelas bahkan tengah malam pun masih dilayani oleh pak leo.
Jadi saya rasa mungkin yang brengsek itu adalah agent dari MMBC yang seperti TDW tsb yang ingin uangnya tapi tidak memberikan pelayanan yang baik untuk agent pemula. meskipun saya belum bisa issued tiket sendiri tapi bisa melalui web yang disediakan untuk issued tiket. Kalau citilink dan air asia mmg sudah ketentuan untuk menambahkan hrg 10rb/ tiketnya (informasi tersebut saya dapatkan dari user nya langsung). Saya sie berharap PT.MMBC bisa lebih memajukan pelayanannya dan membenahi urusannya dengan pihak lain. Terima Kasih

avatar

Wah gak nyangka ada yg punya pengalaman2 begini. Saya sudah hampir 1 tahun jadi agen MMBC Alhamdulillah semakin lama pengalaman semakin baik.sekarang ini rata2 dibawah 10 menit booking n issued sudah beres. Memang dulunya dodol banget tapi saya juga rada surprise krg lebih 5 bulan belakangan ini makin baik. Tips saya: hindari chatting via YM kecuali penting banget, pake fasilitas deposit, semua bisnis jalan pake isi form. Memang bener customer servicenya mereka yg pake YM itu pada kurang sopan n profesional, tapi kalo kita memposisikan diri sbg org yg minta tolong jadinya dilayani tuh. Saya sadar hal itu karena dulu kan saya merasa bayar jadi agen jadi saya maunya dilayani dengan cepat akibatnya saya jadi gampang marah kalo mereka lelet dan ga sopan, tapi makin saya marah malah mereka makin kurang ajar, makanya strateginya saya balik. Dan Alhamdulillah meskipun nelen ludah karena nahan kesel tapi yang penting transaksi saya lancar. Tapi terus terang, untuk jangka panjang sih gak OK, tapi paling tidak MMBC ngasi kita peluang menjajaki bisnis tiket pesawat dengan modal yg lebih dikit. Nah kalo marketnya udah ketemu, pesenan udah lancar, langganan udah banyak, baru deh berburu modal buat bikin travel agent yang bonafid sendiri. Yah, cuman sekedar sharing aja ni.

avatar

setelah baca smua kritikan dr temen2, sy gk jd daftar d mmbc.
awalnya sy tertarik dg bisnis yg ditawarkan. hanya saja ada sedikit keraguan krn mmbc tdk hanya menawarkan tiket tp jg reservasi hotel, wisata,dll. terlalu byk yg d handle bt sy jd ragu.
setelah sy search lg, ktemu dg blog ini.
makasih utk infonya temen2, masukannya sgt membantu. bersyukur sy blm sempat daftar.
sy turut prihatin dg yg terjadi, smoga jd pelajaran utk kita smua.

avatar

WWKKKWK

dah terlanjur ikut

itu ada biaya maintenance 150 rb ya

avatar

Sebagai Referensi teman-teman yg ingin usaha travel agent online,
cek seat, booking, issued dan cetak tiket sendiri..
dibuka kesempatan untuk mencari mitra agent dan mendapatkan insentif dari penjualan tiket mitra anda.
http://travel.interpay.web.id/
Semoga bermanfaat

Post a Comment
Click to comment